Jumat, 15 April 2016

Kader Tani WTM Lakukan Kawin Silang Padi

Maumere - KN, Menindaklanjuti kegiatan Pelatihan Kawin silang yang diselenggarakan WTM bersama Masipag bulan lalu, para kader tani dan staf WTM mencoba melakukan penelitian tersebut.

Berbasis pada pengalaman yang diterima pada saat pelatihan tersebut, Beatriks Rika mencoba mengawinkan pare Kupa dan Chiherang. Menurutnya, ini sebagai uji coba pribadi yang saya buat agar bila sukses saya akan kemudian menularkannya kepada kelompok tani dampingan WTM yang dikoordinasinya.

Awalnya, diidentifkasi beberapa pohon padi yang siap kawin dipindahkan dari persawahan ke polibag agar memudahkan pemantauan. Ada beberapa polibag yang ditanam padi itu kemudian digunting malai jantannya, dan dibungkus. Setelah sehari, dilakukan penchekan apakan hasil peguntingan tersebut berhasil. dari beberapa tangkai yang digunting itu semuanya siap kawin.

Dari hasil pemantauan tersebut semua malai yang digunting itu siap kawin maka dikawinkan dengan sel jantan yang sudah disiapkan. Uji coba ini ternyata sukses, ada 8 bulir padi yang diperoleh dari satu tangkai. Setelah ini, delapan bulir padi ini akan dijemur dan disemaikan lagi agar dikembangkan untuk bisa mengetahui pohon yang mana memiliki sifat dan ciri sesuai dengan yang diinginkan peneliti. 

Hasil uji coba ini kemudian dipantau juga oleh tim WTM, agar terus mendapat motivasi dan kemudian ditemukan sebuah model penelitian yang akan dikembangkan lembaga (WTM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar