Selasa, 03 Desember 2013

Walhi Minta Walikota Serius Atasi Sampah dan Banjir


Walhi Minta Walikota Serius Atasi Sampah dan Banjir

KUPANG, SUARAFLORES.COM,- Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nusa Tenggara Timur, Hery Naif, meminta Walikota dan Wakil Walikota Kupang serius menangani masalah sampah. Sebab pengelolaan sampah di Kota Kupang masih amburadul yang menyebabkan terjadi banjir setiap tahun
 
“Saat ini hujan sudah mulai turun, pasti warga Kota Kupang akan mengalami serbuan sampah dari mana-mana, baik sampah dalam kota maupun sampah dari luar kota. Untuk itu, pemerintah kota harus segera mengantisipasi agar tidak terjadi banjir besar karena selokan-selokan disumbat oleh sampah,” tandas Hery, Selasa (19/11) di ruangan kerjanya.

Untuk jangka panjang, lanjut Herry, Pemkot Kupang harus membuka pabrik pengelolaan sampah, karena ada sampah yang bisa didaur ulang dan ada yang bisa dijadikan kompos. Bila pemerintah tidak mampu hendaknya  melibatkan pihak swasta yang berkompeten dalam mengurus sampah.

“Jika pemerintah sendiri tidak mampu, harus libatkan pihak swasta. Ada pihak yang serius mau tangani sampah. Selain itu, kesadaran warga menjadi penting dalam gerakan bersih lingkungan dan hemat sampah,” kata Herry.

Menurut Hery, banjir dan sampah adalah permasalahan kota yang sedang berkembang dan akan semakin parah bila tidak di atasi secara serius. Karena banjir terjadi bila penataan ruang kota dalam pembangunan tidak mendapat perhatian serius.

“Banjir di Kota Kupang akan menjadi permasalahan serius karena topografi kota  yang berbukit menambah laju air. Untuk itu, hendaknya dibuat bak resapan oleh warga agar air hujan ini tidak langsung ke laut. Sekaligus menjadi solusi untuk penyedian air tanah,” katanya. (AK-1)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar