Selasa, 25 November 2014

Walhi: Pemkab Sikka harus Siapkan Lahan Garapan untuk Pengungsi

Walhi: Pemkab Sikka harus siapkan lahan garapan untuk pengungsi

KUPANG,SUARAFLORES.COM,-Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nusa Tenggara Timur (NTT), Hery Naif, meminta Pemerintah Kabupaten Sikka segera menyiapkan lahan garapan bagi para petani pengungsi Rokatenda. Hal ini mendesak karena para petani asal Palue tidak memiliki lahan garapan di daerah yang baru.

“Pemkab Sikka harus juga memikirkan dan menyiapkan lahan gerapan untuk para petani pengugsi Rokatenda di daerah baru, seperti di Ende, Hewuli dan Pulau Besar. Jika tidak, mereka akan terus mengalami kesulitan pangan dan terus bergantung pada bantuan pemerintah,”kata Hery, Kamis (6/2) pagi tadi.

Menurut dia, Pemkab Sikka semestinya memprioritaskan penanganan pengungsi agar mereka kembali mendapatkan tempat yang layak. Untuk itu, pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai komponen di Sikka agar penanganan pengungsi Palue tidak berlarut-larut sehingga itu tidak menjadi beban moril pemkab.

“Penanganan pengungsi yang berlarut-larut menujukkan ketidakmampuan. Pemkab harus lebih  responsifitas sesuai dengan mandat undang-undang Nomor 24 tentang Penanggulangan Bencana,” ujarnya.

Hery menjelaskan bahwa sejak erupsi Gunung Rokatenda, banyak warga kemudian dievakuasi di beberapa titik, ada yang di Kabupaten Ende dan ada yang di Maumere.  Tentu banyak perhatian dari pelbagai pihak belum signifikan menjawab seluruh permasalahan mereka. Masalah yang paling mendasar adalah masalah keberlanjutan hidup ekonomi setiap hari, karena mereka tidak memiliki lahan pertanian di daerah baru, seperti Pulau Besar dan Hewuli.

“Sebagai petani yang selama ini menghidupi dirinya tanpa bergantung pada yang lain. Kini mereka harus menjadi penadah bantuan.  Mereka harus diberi atau disiapkan lahan untuk bercocok tanam. Kalau hanya rumah saja tanpa lahan garapan, maka mereka pasti akan tambah susah,”ungkapnya. (Yos)

Sumber: http://suaraflores.com/walhi-pemkab-sikka-harus-siapkan-lahan-garapan-untuk-pengungsi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar